Wednesday, January 16, 2008

Ikang Roa!


Description:
Ini ikang [ikan] udah banyak dijual di Carrefour.
kebetulan aja ada teman dari Manado bawa kemarin.
langsung diproses secara ini makanan kesukaan om...
enak bangettttt...
kata bini om....bentuknya kaya ikan cue...tapi beda no...ini adanya di sulawesi utara hehehe....
dia juga doyan sekarang....
paling enak makan ini, lagu ujan2...panas2....
ugh....
sedap...
lagian katanya gampang koq....ikan disambelin doang, udah enak darisananya....[kata bini gw ...enak aje...numbuknya aja butuh perjuangan hehehe]


Ingredients:
- Ikang Roa
- Tomat
- Cabe Merah
- Cabe Ijo
- Bawang
- Terasi

Directions:
- Pisahkan dulu kepala dan durinya ...ambil daging ikannya saja, ati-ati dia pe duri tajam....bisa 2-3 jam.
- Tumbuk itu ikang...bisa juga diblender
- trus bekeng itu sambel ...cabai merah, cabe ijo, bawang,terasi!
- campur akang dengan itu hasil tumbukan...deng sambel...
- goreng abis..

bisa dimakan 2 cara :
- pake nasi putih...campur brenebon
- pake nasi putih campur akang...goreng jadi nasi goreng roa...
sluurppt...

selamat mencoba!

om kondre
abis

57 comments:

  1. damn yummyumm .. too bad saya udah perang melawan nasi putih .

    ReplyDelete
  2. foto yg udah jadinya mana oom, mayan kan buat ngebayang2in *ngeces*

    ReplyDelete
  3. ya udah roa ama sayur mayur juga enak koq.....ugh!

    ReplyDelete
  4. masih keluar dari lemari es.....tadi pagi...belum di angetinnn....pake nasi panas juga enak heheheeh.....

    ReplyDelete
  5. nasinya masih kepul-kepul dong oom. dicampurin ke bubur juga endang.

    ReplyDelete
  6. sambal roa dimakan sama bubur tinutuan (???) juga mantap kok Om ;)

    ReplyDelete
  7. masih keluar dari lemari es.....tadi pagi...belum di angetinnn....pake nasi panas juga enak heheheeh.....

    ReplyDelete
  8. nah iya ..lupa, ini bener bangettt......thanksss!

    ReplyDelete
  9. adoh..
    kita so tamimpi mimpi mo makang ini, oom...
    rumah makan manado di ambas nyanda ada yang beking rica roa sama deng di manado.

    nanti jo kalo ada yang mo kamari tatitip
    satukali deng cakalang pedis

    ReplyDelete
  10. ya ampuuun, gue ngeces beneran liat fotonya, mintaaaaaaaaaaaaa dong tante (yg bikin pasti bukan elo kan oom) :p

    tapi oom, kok ada terasinya ya, beda versi ma resep yg biasa gue bikin neh... rasanya gimana? terasinya berasa? gak sampe nutup rasa asli roanya kah?

    ReplyDelete
  11. ada itu resto yang di mustopo...dugh lupa dia pe nama.....

    ReplyDelete
  12. odododododoee....kita ada carita kalo titip2 bagini.....kita ada titip juga itu nike...kita pe bayangan nike so jadi no....pas sampai di jakarta...ini no ngana pe titipan...dia pe isi ikan teri mentah ....wakakakaakakaakk.....! jau2 dari manado bawa ikang teriiii....

    ReplyDelete
  13. wah enak kali om...torang sering dibawain sm pilot yg habis dr manado loh hehe...cakalang woku muantapbss

    ReplyDelete
  14. iya.....tapi sumpe....pedes bangettt.....beda rasa....pokoke kalo makan roa yg disini om pulangnya pasti lgs ngamar mandi...ampunnnnn degh!

    ReplyDelete
  15. iya.....tapi sumpe....pedes bangettt.....beda rasa....pokoke kalo makan roa yg disini om pulangnya pasti lgs ngamar mandi...ampunnnnn degh!

    ReplyDelete
  16. maklum bini dapet resep dari nyokap....jadi terkontaminasi dgn made in jawa, biasanya nyokap bikin gak terlalu pedes...tapi ketemu bini batak, langsung deh sambelnya dinaekin....ampe bekeringat kalo makan wekekeekeekee.......rasa roanya tetep koq.....dikit doang terasinya...sambelnya yang 1/2 kg-an katanya ...=))

    ReplyDelete
  17. om trima jadi doang....mau beneran?

    ReplyDelete
  18. batavia kan? ada yg ke manado ya?duh apapun yg di woku pasti sadappp! ....ibab woku apalageeee =))

    ReplyDelete
  19. iya iya..hmm...suka bngt makanan manado!!! sayang dl cm tinggal sebentar disana
    manado delight!!!!

    ReplyDelete
  20. masi bagus cuman sebentar....ada temen om ampe skr blum ciong tanah =))

    ReplyDelete
  21. seng artine? :D om taunya kemangi hihihi...

    ReplyDelete
  22. gpp yang penting so ciong yg laen wakakkkakaakak =))

    ReplyDelete
  23. kita ndak talalu suka woku, oom...
    lebe suka tinorangsak..

    eh kita bukan orang manado mar so lama skali tinggal sana
    waktu bale ke jakarta tabingo" deng bahasa

    ReplyDelete
  24. om pas ntr dtng KJK gatering, ngana bawain lah ikang roanya :D
    pdhal di JaCC ada jg loh masakan manadonya hihi

    ReplyDelete
  25. kalo tinorangsak minta ama tante lidia tanod tuh.....rajanya!

    ReplyDelete
  26. tgl 25? udah ludess kaleeee wakakakakakakak....

    ReplyDelete
  27. bikin lagi kaliiii wukikikikiiki

    ReplyDelete
  28. biking lagi kaliii wuikikikikikiki

    ReplyDelete
  29. delivery ke pamulang dunk oom ^_^

    ReplyDelete
  30. heeeee kamu yg di pamulang...ke rumah nyokap om aja di pondok cabe....atau ketemu ama ipar om di karunia wakkakkakkak! udah didistribusi kesana.....!

    ReplyDelete
  31. itu foto ikang yang diatas is the LAST ROA ...wakakkwkak...siang ini digiles...ntar malam dah ludes.....! mampri cipinang yukkk...;))

    ReplyDelete
  32. dulu waktu kecil minta mainan gak dibeliin ya ka? ;))

    ReplyDelete
  33. ealaaaaaaaahhhh....om udah nanya beberapa temen om yg jawa...pada gak ada yg tau artine mbak...justru mbak yg nun jauh disana malah ngerti....saluteee!

    ReplyDelete
  34. aduhh repottt pake tumbuk2... beli aja di beautika... langsung lep lep... hehehe, tp emang pedes bgt... mkn sama pisang goreng juga enakk... yummy....

    ReplyDelete
  35. jauhh vin...mending ambil di cipinang...deket...mampirrrr? yuukk...

    ReplyDelete
  36. maUUU... tp lebih enak kalo di dropp ke rumah kali yaa... ;p

    ReplyDelete
  37. maaf baru baca.uda keburu masuk perut.laen kali ya. :D

    ReplyDelete
  38. ododoe stef...Btw td siang ta pendeta di semarang ada cari akang lagu2 kawanua silent nite,ngana ada?Via Ym ya...

    ReplyDelete
  39. nyamangi = enak (Manado) , nyamange = enak (Makassar), LAMAK BANA!!!!

    ReplyDelete
  40. Wakakakak kirain bhs jawa.sori mbak.manado card ini dia hehehe

    ReplyDelete
  41. mmmmmm.... yummy yummy.... jadi laper neeh..

    ReplyDelete
  42. wagh udah jam 12 yah.......ciao dulu...selamat makan mbak yeany....!

    ReplyDelete
  43. e do do e...kita pernah dikasi tu ikang roa...endang bambang gulindang dech...

    ReplyDelete
  44. hmm...tadi malam kita ada coba bebek di rawamangun yang rica..ododododee pedisnya sama ama ROA di beautika....wkakakakaka

    ReplyDelete
  45. Yang ijo bukan ya?? masuknya dari jalanan sebelah pasar pagi rawamangun?? iya tuh endang... en pedes juga... mmmhhh.. slurp..

    ReplyDelete
  46. bukan...kalo yang kita depan apotik rini....:D

    ReplyDelete
  47. kalo yg di C4 udah ditumbuk oom? jadi ngiler nih......

    ReplyDelete
  48. belum dew....masih musti ditumbuk...
    udah cape2 ....blenderrr joooo =))

    ReplyDelete